Manfaat Buah Dan Pohon Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Buah dan Pohon - Belimbing wuluh ini memiliki tingginya mencapai 10 m. Batangnya tak begitu besar,dan batangnya bergaris-garis dan hanya memiliki cabang yang sedikit. sementara daunya seperti daun patai yakni tersusun dalam bentuk ganda. Bentuknya kecil, dan berbentuk telur, dan jumlahnya. Daunnya termasuk kedalam daun majemuk. bunganya berkelompok, dan berada dipercabangan yang besar, bentuknya kecil-kecil seperti bintang dan berwarna ungu kemerahan atau merah saja. buah yang bergerombol ini merupakan kelas dari  magnoliopsida dan memiliki nama latin averrhoa bilimbi.

Manfaat Belimbing
Buah Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh atau yang sering kita sebut juga dengan belimbing sayur ini cukup mudah tumbuh didaerah tropis seprti indonesia ini. dan cara pemeliharaan tanaman ini cukup mudah. Yang terpenting, ditanam di tempat terbuka, kelembaban tanah selalu dijaga, dan pohon diberi cukup air. dan biasanya orang memanfaat pohon belimbing wuluh ini sebagai tanaman pekarangan dan hanya diambil buahnya untuk campuran masak atau diolah menjadi makanan lain. padahal batang, daun , akar , dan ranting dari pohon belimbing wuluh ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan untuk pengobatan beberapa penyakit tubuh kita antara lain yakni seperti.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan
  1. Mengatasi batukAmbil bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, satu jari rimpang temu giring, satu jari kulit kayu manis, satu jari kencur, dua siung bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan lima gelas air sampai tersisa separonya. Saring ramuan rebusan ini dan minum dengan madu sebanyak 3 kali 3/4 gelas sehari.
  2. Pengobatan rematik
    Segenggam daun belimbing wuluh dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit itu. 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkih dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempet yang sakit. Atau bisa juga dengan cara menyiapan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia Champaca L.), 15 biji cengkih, 15 butir lada hitam, di cuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Dipakai untuk menggosok dan mengurut bagiyan tubuh yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.
  3. Pengobat GondonganSetengah genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagiyan gondongan. 10 ranting muda belimbing wuluh berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Barurkan ketempat yang sakit. atau anda juga bisa menggunakan Sepuluh ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya ditambah empat butir bawang merah ditumbuk sampai halus. Kemudian ramuan dibalurkan di tempat yang sakit.

  4. Pegal linu
    Ambil satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkih, 15 biji lada, digiling halus lalu ditambahkan cuka secukupnya. Lumukan ke tempat yang sakit.

  5. Mengatasi batuk
    Ambil bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, satu jari rimpang temu giring, satu jari kulit kayu manis, satu jari kencur, dua siung bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dipotong-potong. Kemudian rebus dengan lima gelas air sampai tersisa separonya. Saring ramuan rebusan ini dan minum dengan madu sebanyak 3 kali 3/4 gelas sehari.
Saya rasa cukup sampai disini ya kita membahas tentang manfaat dan khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh kita. jika anda masih kurang mengerti atau ada yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan pesan anda di kotak komentar dibawh ya.semoga bermanfaat untuk kesehtan anda dan terima kasih ya.
Title : Manfaat Buah Dan Pohon Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan
Description : Manfaat Buah dan Pohon - Belimbing wuluh ini memiliki tingginya mencapai 10 m. Batangnya tak begitu besar,dan batangnya bergaris-garis dan ...

0 Response to "Manfaat Buah Dan Pohon Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.